Resep Bolu Tape Panggang, Sempurna

Bolu Tape Panggang.

Bolu Tape Panggang

Sedang mencari ide resep bolu tape panggang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu tape panggang yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu tape panggang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan bolu tape panggang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bolu tape panggang yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Bolu Tape Panggang menggunakan 12 jenis bahan dan 15 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Bolu Tape Panggang:

  1. Siapkan 300 gram Tape peyeum matang yang empuknya saja tanpa serat.
  2. Ambil 5 butir Telur utuh.
  3. Siapkan 180 gram Tepung Terigu protein sedang.
  4. Gunakan 150 gram Gula Pasir.
  5. Siapkan 50 gram Minyak Sayur.
  6. Siapkan 100 gram Margarin.
  7. Ambil 75 ml Santan kental.
  8. Gunakan 1/2 sdt Vanili Pasta.
  9. Gunakan 1/2 sdt SP.
  10. Gunakan 1 sdt Baking Powder.
  11. Sediakan 100 gram Keju cheddar parut.
  12. Siapkan Margarin/carlo dan terigu untuk olesan dan taburan pada loyang.

Langkah-langkah membuat Bolu Tape Panggang:

  1. Lelehkan margarin/butter, campurkan minyak sayur. Sisihkan. Note : bisa pakai minyak sayur semua (150 gr) tanpa margarin, atau bisa margarin semua tanpa minyak. Kalau minyak semua, tambahkan sedikit garam ke adonan supaya ada sedikit asin sebagai penyedap rasa. (kurang dari 1/4 sdt cukup).
  2. Lumatkan tape, boleh pakai tangan saja. Campur dengan santan. Aduk rata pakai tangan juga. Sisihkan..
  3. Campur tepung terigu dengan baking powder, ayak. Sisihkan..
  4. Siapkan loyang bolu, saya pakai yang diameter 22 cm. Oles margarin/semprot minyak/carlo lalu beri taburan tepung secukupnya. Sisihkan..
  5. Panaskan oven. Saya pakai oven listrik di suhu 175-180 derajat. Kita akan memanaskan oven sekitar 10 menit sambil membuat adonannya..
  6. Pecahkan telur ke wadah, masukkan SP. Mixer sebentar hingga agak berbusa dengan kecepatan rendah saja, sekitar 5-7 detik..
  7. Ganti mixer ke kecepatan tinggi, tuang gula sebagian demk sebagian. Mixer terus sampai kental berjejak..
  8. Setelah benar kental dan berjejak, kecilkan mixer ke kecepatan terendah. Masukkan adonan tape santan, mixer sebentar sampai tercampur rata saja..
  9. Masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil mixer dengan kecepatan rendah. Lakukan hingga tercampur saja, jangan terlalu lama. Matikan mixer..
  10. Tuang minyak/mentega leleh (pasti sudah suhu ruang) lalu aduk balik pakai spatula hingga tercampur rata..
  11. Tuang ke loyang yang sudah disiapkan. Tepuk tepuk 2-3x ke lantai. Tabur keju parut..
  12. Masukkan oven, panggang selama 40-45 menit api bawah suhu 175-180 derajat. Sesuaikan oven masing2. Setelah itu lanjut 15-20 menit api atas bawah di suhu yang sama..
  13. Setelah itu lakukan tes tusuk. Jika masih belum matang, panggang kembali api bawah sekitar 5-10 menit. Tes tusuk kembali..
  14. Jika sudah lulus tes tusuk, diamkan bolu di loyangnya hingga dingin, baru dikeluarkan..
  15. Potong bolu sesuai selera. Selamat mencoba yahhh….

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Bolu Tape Panggang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Published
Categorized as Ikan

Leave a comment

Your email address will not be published.